blog.img-Lensa360

Pengertian dan Fungsi dari Virtual Tour

Siapa yang tidak mengenal istilah Virtual Reality? Baru-baru ini, Virtual Reality memang sudah semakin marak digunakan di banyak kalangan masyarakat. Itu terbukti dengan diluncurkannya beberapa merk Virtual Reality dan membludaknya pemesanan teknologi tersebut.

Selain untuk sekadar hiburan, Virtual Reality juga digunakan banyak orang untuk membantu mempermudah aktivitas kerja mereka. Virtual Reality sudah dimanfaatkan di berbagai bidang, seperti misalnya di bidang medis, otomotif hingga militer. Berbagai bidang mulai melirik Virtual Reality ini untuk semakin menambah pengalaman pengguna yang menarik.

Salah satunya adalah di bidang ekonomi dan pariwisata yang tidak ketinggalan untuk memanfaatkannya sebagai Virtual Tour. Sebenarnya apa pengertian dari Virtual Tour itu? Dan apa fungsi Virtual Tour sehingga membuat banyak orang menggunakan teknologi ini? Kami akan menjawabnya pada artikel berikut ini, jadi silakan disimak baik-baik.

Pengertian dari Virtual Tour

Disebut dengan Virtual Tour, teknologi ini merupakan pengembangan lanjut dari Virtual Reality yang memungkinkan Anda untuk melihat simulasi lingkungan tertentu. Dalam hal ini, tiap-tiap perusahaan maupun tempat wisata bisa mengatur gambar dari Virtual Tour, sehingga calon pembeli atau calon wisatawan bisa tertarik.

Biasanya Virtual Tour terdiri atas urutan dari beberapa video atau gambar-gambar yang bergerak. Virtual Tour juga menyediakan fasilitas multimedia lainnya yang bisa menambah simulasi tour menjadi lebih menarik dan keren. Seperti misalnya background musik, efek suara, munculnya teks dan narasi, dan lain sebagainya.

Cara kerja Virtual Tour cukup unik, yaitu berjalan linier melalui lokasi. Menggunakan kamera, lokasi akan diambil gambar dari satu titik ke titik lain di seluruh lokasi subjek. Dengan ini, pengguna Virtual Tour akan dipermudah dalam mengenalkan berbagai tempat yang akan dipromosikan.

Hal yang patut dipertimbangkan dari Virtual Tour selanjutnya adalah mudah untuk dibagikan. Karena ini bersifat virtual menggunakan URL link untuk mengaksesnya, maka sangat mudah untuk berbagi Virtual Tour secara online. Bisa melalui blog dan berbagai media sosial. Bahkan ada yang menyediakan kode HTML untuk mempermudah posting ke database online.

Fungsi dari Virtual Tour

Virtual Tour mempunyai beberapa fungsi yang membuat banyak orang tertarik menggunakannya. Apa saja itu? Berikut ini adalah beberapa fungsi dari Virtual Tour dan keuntungan yang bisa didapat jika menggunakannya.

  1. Virtual Tour mampu menjelaskan detil Properti

Virtual Tour bisa membantu Anda untuk menjelaskan properti yang Anda miliki. Seperti misalnya rumah dan ruangan-ruangan yang dimilikinya. Apabila Anda berencana untuk menjual rumah Anda, baiknya untuk menggunakan Virtual Tour agar rumah Anda terlihat lebih menarik bagi calon pembeli.

Selain itu, Anda tidak perlu untuk susah-susah memandu calon pembeli yang tertarik. Kebanyakan calon pembeli hanya ingin tahu saja tanpa membelinya. Virtual Tour membantu Anda untuk mengurangi hal tersebut. Jika calon pembeli tersebut benar-benar serius setelah melihat Virtual Tour, maka barulah Anda bisa mengajaknya masuk ke dalam rumah Anda.

  1. Pemasaran Real Estate semakin gencar

Kalau Anda pernah melihat iklan-iklan apartemen di TV pada hari Minggu pagi, itu adalah salah satu contoh dari penggunaan Virtual Tour di bidang real estate. Para pengusaha menggunakan Virtual Tour untuk memasarkan rencana apartemen yang akan dibangun di kemudian hari.

Virtual Tour ini sangat berfungsi di bidang real estate. Dulu, agen real estate akan bersusah payah untuk memasarkan hunian rumah. Namun sekarang, dengan adanya Virtual Tour, pekerjaan menjadi jauh lebih mudah dan menarik lebih banyak calon pembeli.

  1. Virtual Tour untuk mempromosikan sekolah atau universitas

Anak muda atau siswa khususnya yang duduk di bangku SMA maupun perguruan tinggi, menghabiskan hidup mereka secara online. Banyak sekolah yang menggunakan Virtual Tour untuk menarik para calon siswa untuk melihat-lihat profil sekolah. Ini sebenarnya sangat penting karena anak muda jaman sekarang lebih sering melihat info di internet.

Website sekolah biasanya jarang digunakan dan tidak terurus. Namun kini, beberapa sekolah dan perguruan tinggi mulai membenahinya dan menambahkan fasilitas Virtual Tour agar para siswa tidak bosan dengan desain website yang monoton. Dengan Virtual Tour, sekolah dapat mengenalkan profil dengan baik beserta program-program yang dilakukan.

Itulah tadi beberapa penjelasan dan fungsi dari Virtual Tour. Kami harap Anda menikmati dan dapat memahaminya. Virtual Tour memang teknologi yang sangat menjanjikan untuk menarik para calon pembeli. Jika Anda tertarik menggunakannya, maka dapat menghubungi Kami (Lensa360) melalui aplikasi Whatsapp di nomor 0822 49 6000 60 untuk mendapatkan informasi yang lebih detil mengenai jasa pembuatan Virtual Tour yang tepat untuk Bisnis Anda.